Cara Ampuh Mengatasi "Tidak cukup ruang pada perangkat" di Playstore

Kesalahan saat mengunduh ... Tidak cukup ruang pada perangkat - Pernahkah kalian saat mendownload/menginstal suatu aplikasi di playstore dan mengalami masalah "tidak cukup ruang pada perangkat" ?.

Mempunyai smartphone dengan sistem operasi Android memang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, hampir semua jenis aplikasi ataupun game bisa kita dapatkan dengan mudah melalui playstore android, baik itu aplikasi-aplikasi perkantoran, aplikasi untuk belajar online dan lainnya bisa kita instal hanya dengan satu kali klik. Tapi, terkadang saat proses mengunduh bisa terjadi suatu masalah contoh nya seperti muncul popup pesan "tidak cukup ruang pada perangkat".

Kesalahan saat mengunduh ... Tidak cukup ruang pada perangkat

Pesan seperti diatas bukanlah masalah pada sistem android, melainkan memori penyimpanan yang sudah penuh dan tidak bisa menginstal aplikasi yang anda inginkan. Masalah seperti ini sering terjadi pada perangkat android yang memiliki kapasitas memori penyimpanan yang sedikit, tidak terkecuali perangkat android dengan memori besarpun pasti akan mengalami hal seperti ini.


Penyebab Kesalahan saat mengunduh ... Tidak cukup ruang pada perangkat :

  • Aplikasi yang ingin diinstal terlalu besar
  • Cache/Data Sampah Menumpuk
  • Memori Penyimpanan Penuh


Cara Mengatasi "Tidak cukup ruang pada perangkat" di Playstore Android


1. Memindahkan Aplikasi

Memindahkan aplikasi dari memori telpon ke memori eksternal/sdcard adalah cara yang paling ampuh untuk mengurangi kapasitas memori penyimpanan. Caranya :
  • Buka Settings/Pengaturan
  • Pilih Menu Apps/Manager Aplikasi
  • Anda akan melihat banyak aplikasi yang terpasang pada android anda, silahkan pilih aplikasi yang ingin dipindahkan kemudian pilih menu "MOVE TO SDCARD"
  • selesai
Move to SDCARD Android

2. Menghapus Aplikasi

Pada saat pertamakali membeli hp android pastinya didalam android itu sudah terpasang aplikasi bawaan yang mungkin kita tidak memerlukannya, maka dari itu cara ampuh kedua untuk melonggarkan kapasitas penyimpanan adalah dengan menghapus aplikasi" yang dirasa tidak berguna/tidak dipakai.


3. Menghapus Cache Aplikasi

Cache memori adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut, sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat.

Clear Cache Android


Yup dan itulah tutorial cara mengatasi Kesalahan saat mengunduh ... Tidak cukup ruang pada perangkat di Google Playstore Android. Jika adayang ingin ditanyakan atau sekedar berkenalan silahkan berkomentar dibawah ini :D


Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments