Apa itu Folder DCIM (.thumbnail) pada Android ? Bolehkah dihapus ?

DCIM - Didalam folder ini berisi sebuah file bernama ".thumbnails" yang memiliki ukuran yang cukup besar, file .thumbnails ini adalah sebuah file sampah/cache dari gambar" yang berada di galery hp. Semakin banyak gambar pada hp, maka akan semakin besar juga ukuran file .thumbnails ini.


File thumbnails ini terbentuk dari aplikasi galeri di android kita, biasanya setelah kita membuka aplikasi galeri maka akan muncul banyak cuplikan gambar berukuran kecil terlebih dahulu sebagai pratinjau, nah gambar berukuran kecil itulah yang akan menumpuk pada folder .thumbnails di memory telepon android kita, dan manfaat adanya file thumbnails ini adalah agar saat membuka galery jadi lebih cepat tanpa harus loading yang lama, namun pada saat beberapa foto/gambar kamu hapus dari galery maka gambar tersebut akan tetap tersimpan di folder thumbnails ini.

Lalu bolehkan menghapus file .thumbnail ini ?

Jika memang memory hp kalian sudah sangat penuh atau kalian membutuhkan beberapa ruang untuk menyimpan file, Maka boleh saja hapus file .thumbnail ini. Tapi ada kerugian juga jika menghapus file ini.

Keuntungan dan Kekurangan Menghapus File .Thumbnail

Keuntungan menyimpan  file .thumbnail:
- Mempercepat proses loading saat membuka gambar
- Mempercepat proses saat membuka galeri

Kekurangan menghapus file .thumbnail:
-Pada saat membuka galery akan membutuhkan waktu yang cukup lama
-Untuk beberapa hp contoh nya seperti pada hp android evercoss saya, saya menghapus file .thumbnail dan pada saat saya membuka galeri hp saya terasa sangat lag dan tidak lama kemudian hp saya merestart dengan sendirinya.
-Membuka menu foto pada whatsapp/facebook lite hp akan lag dan merestart dengan sendirinya


Cara Menghapus File .thumbnail

Jika kalian sudah mencoba menghapus file atau folder DCIM/.thumbnail ini file tersebut akan tetap kembali muncul pada memory hp kalian. Itu karna saat kalian membuka galeri, menu/aplikasi yang berhubungan dengan foto maka file thumbnail ini akan terbentuk kembali. Cara menghapus file DCIM/thumbnail yang benar adalah sebagai berikut :

Langkah-langkah menghapus folder dan file DCIM di Android:
Pertama siapkan dulu aplikasi "File Manager" yang bisa merename dan membuat file. Karna pada file manager bawaan hp tidak terdapat menu merename ataupun membuat file.

1. Download/Instal File Manager DISINI
2. Buka file manager yang sudah diinstal tadi
3. Buka folder dimana file .thumbnail ini berada, biasanya ada di "Sdcard/DCIM/.thumbnails/DISINI"

4. Hapus semua file yang berada didalam folder DCIM, *folder DCIM jangan dihapus, hanya file yang ada didalam nya saja
5. Jika sudah dihapus selanjut nya kita buat file dengan nama yang sama yaitu ".thumbnails" didalam folder DCIM. Cara membuat nya pada langkah nomor 6 dibawah ini
6. Buka folder DCIM, pilih menu yang ada di pojok kanan atas lalu pilih Create >> File


 7. Isi dengan nama ".thumbnails"


8. Selesai, sekarang file .thumbnail di hp kalian tidak akan bertambah besar lagi :D


Dan sekian artikel tentang DCIM Thumbnail, jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar berkenalan silahkan berkomentar dibawah ini :D




Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments