Cara Menghapus/Uninstal Aplikasi Bawaan Android Tanpa ROOT

Android merupakan System Operasi yang sangat populer dan paling banyak di gunakan oleh Smartphone saat ini. Android memberikan banyak sekali kemudahan bagi penggunanya, seperti tampilan yang menarik, aplikasi berlimpah, dan masih banyak lagi.

Dibalik itu semua Android memiliki sedikit kekurangan, dan salah satunya adalah terlalu banyak bloatware (aplikasi bawaan). Aplikasi bawaan tersebut seperti Facebook, Play Store, Google Maps, Gmail dan lain sebagainya.

 

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android - Pernahkah kamu mencoba menghapus aplikasi bawaan pada android namun tidak ada opsi uninstal ? Yup, opsi/menu uninstall tidak akan muncul pada aplikasi bawaan android, dan cara untuk menghapus atau menguninstall aplikasi bawaan Android kamu harus menjadi seorang administrator terlebih dahulu, tentu saja perangkat Android kamu harus sudah dalam keadaan di root.

Lalu bagaimana caranya menghapus aplikasi bawaan pada android yang belum di root ?. Dibawah ini saya akan memberikan tutorial uninstall aplikasi bawaan tanpa root.


1. Pertama silahkan download/instal terlebih dahulu aplikasi yang memiliki feature penghapus bootware bernama "CCleaner" (di playstore ada)

2. Buka Aplikasi "CCleaner" dan Pilih Menu "App Manager".

 

3. Didalam menu "App Manager", Pilih opsi "SYSTEM", Disini anda akan melihat banyak aplikasi bawaan pada android

4. Klik/pilih menu "tong sampah" dibagian bawah kanan, pilih aplikasi yang mau di uninstal kemudian pilih "uninstal".

     

WAJIB BACA: INGAT !!! Jangan sembarang menghapus aplikasi bawaan pada android, Karna jika 1 aplikasi system saja terhapus maka akan menyebabkan beberapa fungsi pada android akan ERROR !!! Hapus aplikasi yang menurut anda man untuk dihapus saja. :D   


Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments