Cara Ampuh Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” Pada Android

Tips Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android (force close), Pernahkah anda mengalami aplikasi ataupun game yang tiba-tiba keluar/force close ? Sangat mengesalkan sekali bukan, dan hal ini memang sudah sangat sering terjadi pada pengguna android.


Saya juga sering mengalami hal ini. Pada saat saya selesai menginstal game Battle Field di android, pas saya buka game nya malah muncul tulisan "Unfortunately, App Has Stopped", "Sayangnya, Battle Field Telah berhenti". Dilain waktu saya mengalami hal tersebut (lagiiii), "Sayang nya BBM Telah Berhenti" padahal sebelum nya bbm saya normal tidak ada masalah. Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Saya sudah banyak mencari cara di website-website dan akhirnya saya menemukan cara mengatasinya. Ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi berhenti secara tiba-tiba. Berikut beberapa penyebab aplikasi error, berhenti/force close secara tiba-tiba:
 
  • RAM Penuh. Hal ini lah yang sering menyebabkan aplikasi terhenti secara tiba-tiba, terutama hp android yang hanya dibekali RAM sebesar 512MB. Cara melegakan ram adalah dengan merestart android, ataupun menggunakan aplikasi pendukung seperti "Cleaner Master" dan yang paling saya suka adalah "Clover". Aplikasi-aplikasi diatas berfungsi untuk mengeluarkan/menghentikan proses aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan, dan akan mengurangi penggunaan RAM.
  • Koneksi Internet Lemah/Lemot. Halnya Game online yang membutuhkan koneksi internet cepat, ataupun streaming video yang jika koneksi internet kita tersendat atupun lemah akan membuat aplikasi tidak dapat merespon dan akhirnya game/aplikasi akan keluar dengan sendirinya.
  • File Cache yang Menumpuk. Cache adalah file sementara yang disimpan didalam memori penyimpanan, yang jika file cache menumpuk akan membuat aplikasi error.
  • Aplikasi/Game tidak Kompatibel. Aplikasi ataupun Game pasti memiliki syarat versi dan spesifikasi minimum untuk menjalankannya. Dan tentunya sudah sangat jelas jika aplikasi/game tidak sesuai dengan spesifikasi hp android kita maka aplikasi/game akan terhenti.


Mengatasi Aplikasi Android Berhenti Secara Tiba-tiba

Setelah mengetahui penyebab-penyebab yang membuat "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" ataupun "Unfortunately, App Has Stopped", Solusi untuk mengatasi nya adalah berikut ini.

Cara 1 - Mengupdate Aplikasi
Dengan mengupdate aplikasi, kita akan mendapatkan aplikasi dengan update perbaruan kompatibel dan masalah error lainnya yang sudah diperbaiki oleh developer aplikasi tersebut.


Cara 2 - Menghapus Cache
Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus cache pada aplikasi android. Cara nya kalian bisa menggunakan aplikasi pendukung seperti "C Cleaner" , "Clean Master".

Untuk cara manual tanpa aplikasi kalian tinggal membuka "Pengaturan/Settings >> APPS/Aplikasi >> Cari aplikasi yang ingin dihapus cache >> Scrol kebawah dan pilih "Hapus Cache / Clean Cache".


Cara 3 - Menghapus Data
Seperti halnya cache menumpuk, file data pada aplikasi pun bisa menyebabkan aplikasi error. Dengan memaksa menghapus file Data pada aplikasi, semua kegiatan, history, dan data" pada aplikasi akan dihapus atau dengan kata lain Aplikasi tersebuat akan kembali seperti baru saat kita pertama menginstal aplikasi tersebut.



Cara 4 - Hard Reset / Factory Reset
Jika yang kalian alami itu serius dan ter jadi pada semua aplikasi, maka cara satu-satunya dengan cara mereset android ke setelan pabrik.
Caranya dengan "Masuk Pengaturan / Settings >> Factory Data Reset ". INGAT, JIKA KALIAN MENGGUNAKAN CARA INI SEMUA DATA" PADA ANDROID KALIAN AKAN HILANG  



Dan itulah cara - cara mengatasi aplikasi terhenti di android, memang tidak menutup kemungkinan cara diatas tidak berhasil. Namun apa salah nya jika dicoba terlebih dahulu. Dan semua cara diatas adalah berdasarkan pengalaman saya dan berhasil 100%.


Demikian ulasan mengenai "Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti di Android", Jika ada yang ingin ditanyakan ataupun sekedar berkenalan silahkan berkomentar dibawah ini. :D


Related Posts

Add Your Comments

Disqus Comments